Pemerintah Kota Palembang Bangun Posko Penanganan Covid-19 di Kelurahan

Palembang, SINERGINKRI.com – Pemerintah Kota Palembang akan membangun pos komando atau posko penanganan Covid-19 di tiap kelurahan.

Hal ini sesuai Intruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di tingkat Desa dan Kelurahan.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan, berdasarkan arahan Mendagri, posko Covid-19 untuk testing, tracing, and treatment (3T) COVID-19.

“Tugasnya (posko) itu adalah pendataan, yang terkonfirmasi maupun ada gejala dan tidak ada gejala sehingga terdata oleh kelurahan,” ujar Dewa, Senin (22/2/2021).

Ia merinci, posko tersebut sebagai wadah pendataan pemerintah daerah yang selanjutnya data itu diteruskan ke pusat. Setelah data terkumpul, tahapan selanjutnya, pemerintah secara langsung akan menyiapkan tempat-tempat atau ruang isolasi khusus bagi kasus terkonfirmasi, sebelum dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga  Dilonggarkannya PPKM berlevel membuat Dicky khawatir banyak masyarakat menganggap negara sudah benar-benar terbebas dari COVID-19

“Sehingga puskesmas dan Dinas Kesehatan langsung berkoordinasi dengan posko itu.”

Dewa menuturkan, Pemkot Palembang menyiapkan dana APBD senilai Rp100 juta untuk pemberdayaaan tiap kelurahan. Hanya saja, di masa pandemi Covid-19 ini, penggunaan dana diserahkan pada lurah dan camat masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)