Kepala Desa Mahanggin OKU Selatan Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Dana Desa

#Kerugian Negara diperkirakan 400 Juta Rupiah #

OKU Selatan, Sumsel, 3 Juli 2024, Sinerginkri.com– Tim Penyidik dari Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan telah menetapkan CH, Kepala Desa Mahanggin, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Dana Desa atau Alokasi Dana Desa (DD/ADD) untuk tahun anggaran 2022 hingga 2023.

Kajari OKU Selatan, Dr. Adi Purnama, melalui Kasi Intel Kejari OKU Selatan, Davit L.Sipayung, menjelaskan bahwa CH ditahan setelah penyidikan menemukan bukti terkait penyelewengan dana desa selama dua tahun terakhir. “Tersangka diduga menggunakan dokumen palsu dan kwitansi tidak sah untuk mempertanggungjawabkan pengeluaran Dana Desa, termasuk dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta pengadaan barang yang tidak sesuai fakta,” kata Davit L. Sipayung.

Baca Juga  Bupati Popo Ali Lantik 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemda OKU Selatan

Pada investigasi ini, tim penyidik juga menemukan adanya pembangunan fisik dengan nilai mark-up hingga 60% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sebenarnya, serta penggunaan dana untuk program ketahanan pangan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Davit L. Sipayung menambahkan bahwa perkiraan kerugian negara akibat tindakan tersangka mencapai sekitar 400 juta rupiah, meskipun jumlah ini masih harus dikonfirmasi lebih lanjut oleh Inspektorat Kabupaten OKU Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)