Juru Bicara Covid 19 Erlina Burhan Mengungkapkan Bahwa 40 Negara Di Dunia Telah Menyebar Virus Varian Baru ” MU”

  • Bagikan

Jakarta,SinergiNKRI.Com –Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Erlina Burhan mengungkapkan, virus Covid-19 varian Mu telah menyebar di hampir ke 40 negara dunia.

Bahkan, Covid-19 varian Mu tersebut sudah masuk dan menyebar di Malaysia.

“Mutasi-mutasi ini ada terus, yang paling dominan adalah memang Delta itu betul. Varian Mu juga sudah ada, itu berasal dari Amerika Selatan Kolombia ya tetapi sudah menyebar ke hampir ke-40 negara,” tutur Erlina, melansir kanal Youtube BNPB, hari ini Kamis (30/9/2021).

Erlina menyebutkan, pemerintah harus mewaspadai agar varian Mu tidak masuk ke Tanah Air. Ia pun meminta agar belajar jangan sampai masuk seperti varian Delta.

Baca Juga  Labkesda Kabupaten Bekasi mampu memeriksa 16 sampel swab test

“Ini harus waspada ya, varian Mu yang terakhir ya yang terbaru itu sudah sampai Malaysia. Negara tetangga kita. Jangan sampai (terjadi seperti) Delta lagi, dulu sampai India kita tenang-tenang akhirnya masuk,” imbaunya.

“Nah ini sudah sampai Malaysia Mu, kita harus antisipasi jangan sampai masuk ke Indonesia,” ucapnya menegaskan.

Lebih jauh Erlina menjelaskan walaupun varian Mu ini masuk belum termasuk varian of concern (VoC) namun varian ini bisa berpengaruh terhadap penularan yang pesat dan derajat keparahan, juga efektivitas vaksin.

“Kalau Mu itu belum termasuk varian of concern. Varian ini ada pengaruh terhadap bahaya penularan yang sangat pesat,”katanya.

“Kemudian juga membuat penyakit tingkat derajat beratnya penyakit lebih berat dan juga berpengaruh terhadap vaksinasi,” jelasnya.

Baca Juga  Kementerian Kominfo Dukung Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Vaksinasi10.000 Dosis di Kabupaten Simalungun

(Rachmat)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *