Naik Peringkat, OKU Selatan Raih Gelar Kabupaten Layak Anak Kategori Madya

* Setingkat Lebih Tinggi Dari Tahun Lalu, Berkat Dukungan Semua Pihak *

Muaraduasinerginkri.com– Kabupaten OKU Selatan mendapatkan penghargaaan kategori Madya Kabupaten Layak Anak ( KLA ) di Tahun 2023.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak ( P2KB P3A ) Kabupaten OKU Selatan melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Nova Susanti.,SKM.MM, saat di berbincang di ruang kerjanya pada, Senin 24 Juli 2023.

Nova Susanti.,SKM.MM Kabid P3A Kabupaten OKU Selatan menyampaikan bahwa Peroleh nominasi Kabupaten Layak Anak Kategori Madya adalah salah satu pencapaian setingkat lebih tinggi dari sebelumnya, hal ini tidak akan tercapai jika bukan bantuan dari semua pihak, baik Opd dan pihak lainnya tidak akan tercapai kategori satu  tingkat lebih tinggi seperti di tahun kemarin.

Sejak tahun 2018 kita Kabupaten OKU Selatan sudah melakukan pencanangan, 2019 sudah mulai pengisian yang mana ada 24 indikator yang harus terpenuhi dalam hak anak, dari 24 indikator ada 5 klaster  diantaranya, klaster kelembagaan, klaster hak sipil, klaster hak pengasuhan, klaster kesehatan, pendidikan, dan perlindungan khusus terhadap anak.

” Dari lima klaster itu harus di isi dengan 24 indikator, yang dimana terdiri dari lebih kurang 700 pertanyaan, yang di Sertai dengan  bukti pendukung yang kuat” ujarnya.

Baca Juga  Wakapokres OKU Selatan Nongkrong Dengarkan Aspirasi dan Keluahan Warga

Kabupaten OKU Selatan pada tahun 2019, Kabupaten kita sudah berupa dalam hal KLA namun belum berhasil, di tahun 2020 hingga 2021 kita sedang dihadapkan dengan wabah Covid-19, selanjutnya diadakan lagi di tahun 2022 Kabupaten kita Alhamdulillah mendapatkan di tingkat Pratama.

” Alhamdulillah di tahun 2022 kita diposisi kategori Pratama dan di tahun ini Madya “

Dalam Kabupaten Layak Anak ( KLA ) ada beberapa penghargaan, di tingkat Pratama, Madya, Nindya, Utama dan kategori  paling Tinggi adalah KLA, kalau di tingkat KLA itu sampai ini belum ada karena untuk mencapainya tidak ada lagi promosi rokok.

Dalam penghargaan Kabupaten Layak Anak ini dengan adanya SK kepengurusan gugus tugas yang di ketuai langsung oleh Bappeda Litbang OKU Selatan, dan Sekretaris nya pada dinas kami, kemudian penghargaan ini bukan semata mata hasil jerih payah kami sendiri tetapi atas bantuan kerjasama OPD yang terlibat, atas kerjasama dan usaha dari gugus tugas KLA Kabupaten OKU Selatan, sehingga pada tahun ini Alhamdulillah kita berada di posisi kategori Madya meningkat satu tingkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lakukan Verifikasi Kantor Sekretariat LSM BARAK NKRI DPD OKU Selatan Tahun Kedua

Sebelumnya kita mendapatkan undangan Verifikasi Lapangan Hybrid ( VLH ) untuk melakukan verifikasi lapangan dari tim verikator kementerian PPPA dan tim verifikator Staff ke Presidenan, yang sudah dilaksanakan di pada tanggal 8 Juni 2023, adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat sekda dan  ruang rapat dinas bupati.

Pencapaian ini juga  serta adanya juga bantuan dari Forum Anak Kabupaten OKU Selatan, dengan adanya forum anak ini juga salah satu forum yang sangat bermanfaat, saat ini mereka sedang menghadiri kegiatan di kota semarang dalam kegiatan forum anak nasional tahun 2023, mereka membawa ciri khas dan budaya kabupaten OKU Selatan.

Masih kata Nova bahwasanya kategori penilaian Kabupaten Layak Anak ini adalah terpenuhi nya hak anak sudah terwujud, jadi bukan berarti dalam kabupaten itu sendiri tidak adanya lagi kasus yang terjadi seperti kekerasan terhadap anak, dalam laporan harus Nol melainkan kita harus bagaimana cara kita menindak lanjuti dari korban tersebut, bagaimana pendamping, pemulihan Fisikis terhadap korban, yang mana dalam hal tersebut kita harus membuat laporan dari hasil monev terhadap korban dan kita sampaikan laporannya.

Baca Juga  Petani Jagung di OKU Selatan Keluhkan Kelangkahan Pupuk, Kalaupun ada Harganya Mahal

di sisi lain juga perlu kita  perhatikan hak hak anak seperti hak pendidikan 12 tahun, dan di bidang kesehatan seperti pemenuhan gizi dan pencegahan stunting, dan juga di bidang Capil bagaiman terkait akte anak, dimana poin poin di atas termasuk dalam klaster pemenuhan Kabupaten Layak Anak.

Diakhir pembicaraannya menyebutkan penghargaan ini juga kami dapatkan tidak luput dari dukungan semua pihak baik OPD, dan pihak media yang membantu di bidang publikasi hak anak, dan juga dukungan dari pihak Bank Sumsel Babel, polres OKU Selatan, dan Kejari OKU Selatan.

” Atas pencapaian penghargaan satu tingkat di tahun kemarin kita bersama sama berharap di tahun selanjutnya dapat lebih maju setingkat di tahun ini yaitu kategori Nindya, yang menyusul kabupaten Muara Enim dan kabupaten Mura, semoga semua pihak terus bersinergi dan saling bahu membahu”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)