HD Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemprov Sumsel Gelar Apel Kesiapsiagaan

  • Bagikan

SINERGINKRI.com, PALEMBANG – Bertindak sebagai Pembina Apel, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyampaikan bahwa akhir tahun 2021 dan diperkirakan sampai dengan awal tahun 2022 ini mulai masuk musim penghujan dan puncak musim penghujan, dimana curah hujan yang tinggi akan berpengaruh terhadap terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Contoh bencana hidrometeorologi adalah banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang”, ucapnya saat apel di Jakabaring Sport City Palembang, Selasa (16/11/2021).

Dalam amanatnya, HD mengungkapkan Kondisi geografis Provinsi Sumsel dengan dataran tinggi (Pegunungan) dibagian Barat seperti Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan OKU Selatan, berpotensi terjadinya Tanah Longsor, Banjir Bandang dan Angin Puting Beliung.

Baca Juga  Kontingen Badminton Berlaga di Grand Final Gubernur

Sementara seperti Muba, Banyuasin, Ogan Komering Illir, Ogan Ilir dan Palembang, mempunyai potensi banjir akibat luapan air sungai, pada daerah yang lebih terbuka dapat terjadi angin puting beliung.

Secara rinci Herman Deru menguraikan, Selama tahun 2021 di wilayah Provinsi Sumsel tercatat terjadi bencana sebanyak 138 kali , yang terbanyak adalah kebakaran rumah penduduk sebanyak 92 kali, banjir 15 kali, tanah longsor 6 kali, angin puting beliung 20 kali, banjir bandang 5 kali. Kejadian bencana tersebut mengakibatkan 4.874 KK/2.673 jiwa menderita.

“Untuk itu saya sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, saya juga berharap para personil selalu siap dan peralatan penanggulangan yang ada juga dalam kondisi baik ” pungkasnya.

Baca Juga  Gubernur Herman Deru Hadiri Silaturahmi Kebangsaan Antar Parpol

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel H. Iriansyah dalam laporannya menjelaskan bahwa Peserta Apel kali ini berjumlah 850 orang, dilengkapi dengan sarana prasarana dari masing-masing Dinas/Instansi Stakeholder terkait.

Turut hadir Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H, Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan, S.I.K, M.H, Bupati Kabupaten Oku Timur, H. Lanosin Hamzah, S.T, Bupati Muratara, H.Devi Suhartoni, Wakil Bupati Lahat, Haryanto dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *